Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Banjarsari Pribumi Tanam Ribuan Pohon

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Banjarsari Pribumi Tanam Ribuan Pohon

LAHAT,liputansumsel.com- Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022, PT Banjarsari Pribumi (BP) melakukan penanaman sebanyak 15.000 bibit pohon disekitar lokasi Area Reklamasi PT Banjarsari Pribumi, yang berlokasi di wilayah Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Jumat (17/06).

Kegiatan Penanaman Pohon tersebut langsung dipimpin Kepala Teknik Tambang PT. Banjarsari Pribumi Herri Lubis, serta dihadiri Penanggung Jawab Operasional PT Manggala, Penanggung Jawab Operasional PT Anugrah Bumi Lestrai, Penanggung Jawab Operasional PT Putra Kontortindo Abadi, Penanggung Jawab Operasional PT Anugrah Covindo Indonesia, Kepala Teknik Tambang PT Bara Anugrah Sejahtera dan Penanggung Jawab Operasional PT Servo Lintas Raya.

Penanaman Pohon tersebut langsung diikuti Jajaran Pegawai PT Banjarsari Pribumi (BP) serta para tamu undangan, terpantau di lokasi terlihat sangat bersemangat dan kompak didalam melakukan penanaman pohon di lokasi Area Reklamasi PT Banjarsari Pribumi (BP).

Dalam amanatnya Kepala Teknik Tambang PT. Banjarsari Pribumi Herri Lubis mengatakan, dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang terpusat di Swedia dengan tema Badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) “Only One Earth : Living Sustainably in Harmony With Nature” serta tema Pemerintah Indonesia “Satu Bumi Untuk Masa Depan”,.

“PT Banjarsari Pribumi turut serta mendukung program Pemerintah dengan melakukan kegiatan penanaman sebanyak 15.000 pohon dalam rangka pemulihan lahan yang terdegradasi.  Dimana 15.000 pohon yang akan ditanam akan disebar diseluruh area rencana reklamasi. Hingga pertengahan Juni 2022, PT Banjarsari Pribumi telah melakukan penanaman sebanyak 4.000 pohon dibeberapa lokasi penambangan yang telah selesai. Dan hari ini secara simbolik dilakukan penanaman sebanyak 500 pohon di lokasi reklamasi,”terangnya.

Masih katanya tahun 2022 ini pula, PT Banjarsari Pribumi akan membuat kebijakan baru mengenai pengelolaan sampah domestik sesuai dengan amanat aturan Pemerintah Daerah Lahat No 3 Tahun 2022 tentang pengelolaan sampah. Atas kebijakan tersebut, disini menghimbau seluruh Kontraktor dan Subkontraktor untuk melakukan pemilahan sampah yang nantinya akan dikelola bersama Bank Sampah milik Pemerintah Kabupaten Lahat.

“PT. Banjarsari Pribumi sendiri telah menorehkan berbagai prestasi dibidang lingkungan hal ini terlihat dari : 

Hingga akhir tahun 2021, PT. Banjarsari Pribumi sudah merevegetasi bekas lahan bukaan hampir 50 Ha terutama diarea tapak project, pit dan disposal.

Diterimanya penghargaan PROPER Biru dari tahun 2019 hingga tahun 2021 dari KLHK berturut- turut,”ungkapnya.

Lanjutnya melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup ini diharapkan dapat menambah semangat untuk senantiasa terus memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan. Selamat Hari lingkungan Hidup Sedunia. Semoga Allah SWT meridhoi semua upaya dan langkah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif. Tidak lain, dalam satu arah sejalan dengan tujuan Nasional dan cita- cita Bangsa.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia membuka mata kita bahwa kewajiban kita sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa untuk menjaga alam dengan segala cara. Itu mengingatkan kita bahwa bumi yang kita tinggali sekarang akan menjadi rumah bagi anak dan cucu kita. Itulah mengapa kita harus menjaga bumi kita sehingga generasi masa depan dapat hidup dilingkungan yang lebih bersih aman dan hijau,”tuturnya.