Mengenal Tugas dan Kinerja Mekanik Alat Berat di Pertambangan Batubara Titan Infra Energy

Mengenal PT Titan Infra Energy dan Karir Operator Alat Berat di Pertambangan Batubara

Untuk para calon mekanik alat berat, memahami tugas dan tanggung jawab adalah langkah awal yang sangat penting. Pertambangan, terutama di perusahaan besar seperti Titan Infra Energy, menuntut keahlian dan kedisiplinan yang tinggi dalam menangani peralatan berat yang kompleks dan berukuran besar. Berikut ini adalah gambaran lengkap mengenai tugas dan tanggung jawab seorang mekanik alat berat di pertambangan Titan Infra Energy:

1. Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3-LH)

Salah satu hal yang utama dalam tugas seorang mekanik alat berat adalah menjaga keselamatan dan kesehatan kerja, serta memperhatikan faktor lingkungan hidup. Ini termasuk dalam mengidentifikasi potensi bahaya dan risiko kecelakaan kerja dengan cermat, menerapkan semua prosedur K3-LH yang ada, serta mengikuti sosialisasi dan penjelasan terkait K3-LH yang diberikan oleh perusahaan.

2. Menerapkan Komunikasi di Tempat Kerja

Seorang mekanik alat berat juga harus mampu berkomunikasi dengan baik di tempat kerja. Ini mencakup kemampuan untuk menerima dan menyalurkan informasi dengan efektif, menyampaikan serta menerima instruksi dengan jelas, dan menerapkan sistem pelaporan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

3. Menerapkan Kerja Sama di Tempat Kerja

Kerja sama tim sangat penting di lingkungan pertambangan. Seorang mekanik alat berat perlu dapat mengidentifikasi tujuan dan peran kelompoknya, serta memberikan kontribusi efektif dan tepat dalam pertemuan kelompok.

4. Mengidentifikasi Komponen Utama Seorang Mekanik

Sebagai seorang mekanik alat berat, mengidentifikasi komponen-komponen utama merupakan hal yang mendasar. Ini meliputi pemahaman terhadap spesifikasi teknik mekanik, struktur, dan fungsi dari berbagai sistem mekanis seperti sistem bahan bakar, pelumasan, pendinginan, serta udara masuk dan gas buang.

5. Melaksanakan Perbaikan Ringan

Tugas seorang mekanik alat berat juga termasuk dalam melaksanakan perbaikan ringan. Ini meliputi langkah-langkah seperti mempelajari surat perintah kerja perbaikan, menyiapkan buku panduan atau shop manual yang sesuai, membongkar dan membersihkan komponen yang akan diperbaiki, serta memeriksa, menganalisis, dan menguji hasil perbaikan.

6. Melaksanakan Perbaikan (Major Repair)

Selain perbaikan ringan, mekanik alat berat juga terlibat dalam perbaikan yang lebih besar. Hal ini melibatkan proses yang lebih kompleks seperti mempelajari surat perintah kerja perbaikan, membongkar mekanik sesuai prosedur, serta menyusun dan mengajukan suku cadang yang diperlukan untuk perbaikan tersebut.

7. Membuat Laporan Pekerjaan

Seorang mekanik alat berat juga bertanggung jawab untuk membuat laporan pekerjaan. Ini mencakup mengkompilasi data dari semua proses pekerjaan yang telah dilakukan, menyusun data ke dalam format laporan yang sesuai, dan menyampaikan laporan pekerjaan kepada atasan atau pihak terkait.

Mengenal Lebih Dekat Pertambangan Batubara Titan Group

Titan Infra Energy merupakan salah satu perusahaan infrastruktur dan logistik energi yang telah berkembang pesat di Indonesia selama hampir dua dekade. Perusahaan ini tidak hanya fokus pada penambangan batubara, tetapi juga mengelola dan mengembangkan sejumlah lini bisnis lainnya seperti pengelolaan infrastruktur dan logistik. Dengan dukungan sumber daya manusia yang terampil dan profesional, Titan Infra Energy terus berupaya untuk menjadi pemimpin dalam industri energi di Indonesia.

PT Bara Anugrah Sejahtera

Salah satu anak perusahaan Titan Infra Energy adalah PT Bara Anugrah Sejahtera (BAS), sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan batubara. BAS memiliki luas lahan yang cukup besar di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, dan telah berhasil menghasilkan batubara dengan kualitas yang tinggi serta ramah lingkungan.

PT Banjarsari Pribumi

Selain BAS, Titan Infra Energy juga memiliki PT Banjarsari Pribumi (BP) sebagai salah satu anak perusahaannya. BP juga merupakan pemegang izin usaha pertambangan batubara di Sumatera Selatan. Dengan komitmen yang kuat terhadap praktik pertambangan yang ramah lingkungan, BP terus berupaya untuk menghasilkan batubara berkualitas tinggi sambil memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

Kesimpulan

Menjadi seorang mekanik alat berat di pertambangan Titan Infra Energy bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan keahlian, kedisiplinan, dan dedikasi yang tinggi untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan. Namun, dengan pemahaman yang baik tentang tugas dan tanggung jawab tersebut, serta dengan dukungan dari perusahaan yang memiliki pengalaman luas dalam industri pertambangan, para mekanik alat berat dapat menjalankan perannya dengan efektif dan efisien.

Bagikan Artikel

LinkedIn
WhatsApp
Facebook

Hubungi Kami

Titan Infra Energy merupakan salah satu perusahaan infrastruktur dan logistik energi yang berkembang pesat di Indonesia. Berdiri sejak 2005 silam, Titan Infra Energy mengelola dan mengembangkan sejumlah lini bisnis mulai penambangan batubara, pengelolaan infrastruktur hingga logistik. Dengan dukungan sumber daya manusia yang terampil, berpengalaman serta profesional di bidangnya tak bisa dipungkiri di usia mendekati dua dekade, Titan Infra Energy mempunyai pengalaman yang luas dalam mengelola dan mengembangkan infrastruktur energi.
Alamat :

Graha Anabatic,
Jl. Scientia Boulevard Kav. U2,
Summarecon Serpong,
Tangerang, Banten 15811 – Indonesia

Telepon :

+62 (21) 80636888

 
Email :

info@titaninfra.com

© Hak Cipta 2022. Dilindungi Undang-undang. Titan Group.